2020, Holding Perkebunan Targetkan PTPN Gula Sumbang Laba Rp 53 Milliar

Terbit pada Senin, 2 Desember 2019

Di penghujung tahun 2019, Holding Perkebunan Nusantara PT Perkebunan Nusantara III (Persero) telah melakukan evaluasi kinerja seluruh PTPN gula. Banyak hal yang harus diperbaiki agar kinerja di musim giling tahun 2020 mendatang lebih baik dari kinerja tahun 2019, bahkan Holding Perkebunan Nusantara menargetkan PTPN Gula bisa menyumbang laba sebesar Rp 53 Milliar.

Direktur Produksi dan Pengembangan Holding Perkebunan Nusantara PT Perkebunan Nusantara III (Persero), Mahmudi mengungkapkan optimisme di industri gula harus tetap terjaga apapun yang terjadi. Banyak aspek yang mempengaruhi kinerja industri gula bahkan aspek politis pun turut memberi warna. Namun, apapun aspek yang menghadang, industri gula harus terus maju dan berkembang.

"Kenyataan, kinerja keuangan industri gula dari tahun ke tahun tidak pernah berkontribusi positif," kata Mahmudi pada acara Evaluasi Giling Tahun 2019 dan Strategi Giling Tahun 2020 yang dihadiri seluruh direksi dan general manager pabrik gula PTPN Grup dan PT RNI di Kantor Pusat PTPN X, Sabtu (30/11).

Mahmudi mengungkapkan setiap tahun, Holding Perkebunan Nusantara merencanakan dan menargetkan industri gula profit tapi kenyataannya sejak tahun 2016 hingga 2019 ini masih merugi.

"Untuk musik giling 2020, Holding Perkebunan Nusantara merencanakan PTPN Gula bisa profit sebesar Rp 53 Milliar," sebutnya.

Apa yang harus dilakukan agar profit, sambung Mahmudi, perencanaan di masing-masing PTPN harus terus di kawal, khususnya di aspek operasional. 

"Terobosan-terobosan operasional diharapkan akan ada untuk menjawab tantangan menjamur nya pabrik gula swasta dan menurunnya areal tebu," paparnya. 

Ditempat yang sama, Plt. Deputi Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN, Imam Paryanto mengharapkan agar di musim giling Tahun 2020 mendatang, PTPN Gula dan PT RNI bisa menyumbang laba. Gempuran pabrik gula swasta tidak bisa dihindarkan mengingat jumlah produksi di dalam negeri belum memenuhi kebutuhan yang ada. 

Sebelum berakhir, seluruh direksi PTPN Gula dan PT RNI melakukan Penandatanganan komitmen pencapaian kinerja tahun 2020. (Red3, CIN_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar