Improve Oneself

Terbit pada Rabu, 15 April 2020

Era globalisasi baru, generasi millennial hidup di zona dunia selalu berubah dan tidak pernah berhenti. Hal tersebut membuat millennial secara tidak langsung dituntut untuk selalu ada perubahan dalam aspek sumber daya manusia (SDM), terutama bila anda adalah seorang karyawan disebuah perusahaan. Perubahan dirasa sangat penting bagi karyawan agar lebih mudah beradaptasi dan tangguh dalam menghadapi tuntutan yang harus dijalani dalam setiap pekerjaan.

“Pasar berubah, selera berubah, begitu juga perusahaan-perusahaan dan individu-individu yang memilih bersaing di pasar itu harus berubah.” – An Wang.

Teori perubahan Wang menjelaskan bahwa semua aspek dalam kehidupan manusia bisa berubah setiap saat karena arus globalisasi yang berkembang absurd. Hal itulah yang sekarang ini membuat faktor change menjadi pilihan terbaik untuk revolusi SDM millennial. Improve oneself merupakan perilaku khusus yang sengaja dibuat dan dilakukan dengan konsep tertentu untuk melakukan sebuah perubahan.   

Max DePree mengatakan“Dunia kompetitif memiliki 2 kemungkinan, yaitu gagal atau menang. Jika ingin menang, maka anda harus berubah.”. Max benar, perihal perubahan kita akan dihadapkan oleh dua pilihan, bergerak untuk tetap hidup, atau diam tergerus oleh arus global. Maka dari itu perubahan yang cepat sangat diperlukan, apalagi di era keterbukaan informasi seperti saat ini. Dalam hal ini improve oneself  bisa menjadi ide baru sebagai konsep untuk  merevolusi SDM yang bisa diterapkan disegala aspek kehidupan, salah satunya dalam career aspect.

Bagi anda para kaum millennial yang ingin menerapkan konsep Improve oneself dalam pekerjaan, ikuti 4 tahapan sebagai berikut sebagai tips langkah mudah untuk merubah diri.

First, promise yourself

Untuk tahapan yang paling dasar adalah berjanjilah pada diri sendiri, berkomitmen untuk merubah cara bekerja anda. Pada tahap ini ketekunan yang berkelanjutan menjadi kunci utama. Mengubah cara berfikir berarti dengan melakukan perjalanan ke dalam diri sendiri, mengetahui serta memahami seluruhnya siapa diri anda sebenarnya, termasuk hal-hal yang menjadi penunjang pekerjaan pada diri anda. Mengubah pikiran secara sehat akan berpengaruh terhadap perbaikan keadaan mental saat bekerja. Untuk mengawali tahap ini dengan sebuah tindakan, pertama-tama anda harus lebih mengenali karakter diri sendiri dan memulai 5 hal baru ini:

  1. Nothing impossible

Buatlah perubahan yang positif ditempat kerja anda. Terapkan mindset “pasti bisa”, dalam artian bahwa semua yang anda lakukan ditempat kerja, anda pasti bisa melakukannya dengan hasil yang baik.

  1. Whatever the job, give the best

Apapun pekerjaanya, berikan yang terbaik untuknya. Bekerjalah tanpa mengharapkan pujian orang lain. siapa tahu pekerjaan itu adalah jalan pintas dari Tuhan untuk mencapai impian anda selama ini.

  1. Don't underestimate the abilities of coworkers

“Do not take for granted the things closest to your heart. Cling to them as you would with your life, for without them, life is meaningless” - Chinese ProverbsBawalah perubahan yang baik dengan tidak memandang sebelah mata keahlian rekan kerja anda. Perlakukan mereka sebaik mungkin, karena ia adalah jembatan menuju sukses.

  1. Give your best talent

Tunjukkan passion terbaik yang anda miliki dan bekerjalah dengan hati yang bahagia.

  1. Forgive coworkers' mistakes

Belajarlah menerima semua kekurangan dan kelebihan rekan kerja anda, jadilah pemaaf. Bring a good feeling, Ciptakan lingkungan kerja yang kondusif dengan sikap tidak saling menjatuhkan antar rekan kerja.

Second, work schedule

Untuk lebih memudahkan, buatlah agenda atau rencana yang ingin anda lakukan. Dalam tahap ini, buatlah point list tentang apa saja yang ingin anda rubah untuk menyusun rencana yang efektif.  Misalnya beberapa contoh bagian catatan di antaranya adalah:

  • Catatan gagasan/ide-ide baru
  • Narasumber
  • Jadwal/agenda harian
  • Jadwal/agenda mingguan
  • Jadwal/agenda bulanan
  • Hasil pencapaian yang berhasil dan gagal
  • Penelitian
  • Tindak lanjut/ keterkaian variabel
  • Kontak/individu yang terlibat

Thirdset goals for change

Dalam konsep improve oneself, jangan mencoba membuat perubahan secara singkat. Anda harus melakukannya secara bertahap, berkelanjutan dan saling keterkaitan. Setiap agenda yang telah anda tulis wujudkan menjadi tindakan-tindakan kecil, Tentukan goal disetiap prosesnya. Pada tahap ini tanamkan mindset, bahwa anda harus terus belajar, tumbuh, dan berkembang dalam setiap kesempatan yang ada.

Fourthstep evaluation

Tahap terakhir adalah proses evaluasi dan lakukan analisa dari semua tahapan yang telah anda lakukan. Dari sini anda akan memperoleh simpulan data atau grafik dari semua tahapan yang sudah anda jadwalkan. Lakukan dengan cara terstruktur, sistematis, dan masif.

Warna globalisasi akan terus berubah, namun hal itu bukan tujuan akhir dari hidup, akan tetapi siap berubah dan mengembangkan diri dalam setiap keadaan itu adalah pilihan terbaik.

Sekecil apapun perubahan yang anda lakukan asalkan ke arah yang lebih baik akan membantu hidup anda menjadi lebih baik. Dengan melakukan perubahan kecil secara rutin dan dengan usaha yang tulus akan membuat sebuah perubahan yang besar pada kehidupan anda dibandingkan tidak melakukan perubahan sama sekali. Ingat, bahwa sekecil apapun tindakan yang membuat kehidupan anda semakin positif akan membawa dampak besar di masa depan.

Tidak ada hal yang setara dengan kehidupan di dunia ini, tapi hidup ini terus dan harus berlanjut. “Hanya Aku yang bisa mengubah hidupku. Tidak ada seorang pun yang bisa melakukannya untukku.” – Carol Burnett. Sebelum mengubah sesuatu yang besar, mulailah dari hal kecil, yakni merubah diri kita sendiri dan yang mampu melakukannya adalah diri anda sendiri. Be a winner. (Dhanaviya_Enero, CIN_Sekper)

Daftar Pustaka:

Sumber gambar: picture by beritagar.id , pinterest, republicsmetoolkit.com

3 Hal Yang Dapat Mempengaruhi Konsep Diri, www.zahiraccounting.com, 19 September 2016, 07 April 2020,www.zahiraccounting.com/id/blog/3-hal-dapat-mempengaruhi-konsep-diri

Menyusun Rencana Kerja yang Efektif, www.id.wikihow.com, 8 April 2020, <www.id.wikihow.com/Menyusun-Rencana-Kerja-yang-Efektif>

Dewanto Kennardi, 2020,Kata Kata Motivasi Hidup Terbaik untuk Buat Hidup Kamu Lebih Semangat,www.cermati.com,10 Februari 2020

Posted in Artikel

Terdapat 0 komentar