Jaga Ekosistem, PG Gempolkrep Tanam 150 Pohon

Terbit pada Jumat, 10 Januari 2020

Komitmen PG Gempolkrep dalam menjaga lingkungan dan ekosistem yang ada tidak perlu diragukan lagi. Pabrik gula milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X ini kembali melakukan kegiatan menanam pohon di awal tahun 2020. Sedikitnya 150 pohon mahoni ditanam di sekitar emplasemen tebu agar lingkungan tetap terjaga.

General Manager PG Gempolkrep, Agus Minhandoko mengatakan kegiatan menanam pohon ini merupakan salah satu bentuk nyata  PG Gempolkrep untuk perbaikan lingkungan.

"Kelihatan memang kegiatan ringan, namun manfaat sangat besar bagi lingkungan," kata Agus ditemui usai melakukan tanam Pohon Mahoni di Emplasemen Tebu PG Gempolkrep, Jumat (10/01).

Agus menambahkan rencana akan ada 150 Pohon Mahoni yang akan ditanam dan dipelihara dengan baik di areal emplasemen tebu yang memiliki luas kurang lebih 25 hektar. Penanaman 150 Pohon Mahoni ini dilakukan secara bertahap, tahap satu ini dilakukan penanaman sebanyak 50 pohon. 

Pemilihan Pohon Mahoni bukan tanpa sebab, sambung Agus, Pohon Mahoni di pilih, selain Pohon Mahoni merupakan tanaman keras dan cepat besar, Pohon Mahoni juga digunakan sebagai media untuk menyaring debu tebu yang dihasilkan saat proses produksi. Selain itu, Pohon Mahoni juga diharapkan bisa menjadi media untuk menjaga dan mempertahankan ekosistem yang selama ini ada di dalam Emplasemen Tebu PG Gempolkrep.

"Di emplasemen tebu, setiap musim penghujan seperti ini, ada 4 sampai 5 spesies burung kuntul yang bertelur di sini. Saat musim giling mereka akan bermigrasi ke tempat lain," jelas Agus.

Selain menjaga ekosistem, sambung Agus, dengan rindangnya lokasi emplasemen tebu hal itu juga berdampak positif terhadap kesegaran tebu-tebu yang harus antri untuk masuk ke dalam stasiun gilingan. (Red3, PUT_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar