Pelatihan Edisi Perdana, Kenalkan Klasifikasi Keutuhan Daun

Terbit pada Jumat, 28 Juli 2017

Untuk meningkatkan soft skill di gudang pengolah, Manajer Pengolahan Kebun Ajong Gayasan menggelar pelatihan sortasi dan grading untuk para tenaga pengolahan Gudang Pengolahan di seluruh wilayah Kebun Ajong Gayasan. Pelatihan ini digelar kurang lebih selama seminggu serta dipimpin oleh Manajer Pengolahan serta didampingi jajarannya. “Kalau para mandor gudang pengolahan sekadar tahu saja, itu belum cukup,” ungkap  H. Suhardi, Manajer Pengolahan Kebun Ajong Gayasan.

Mereka harus paham dan benar-benar mengerti , lanjutnya, tentang kualitas daun tembakau yang ada di gudang pengolahan. Bagaimana caranya? Dengan terjun langsung ke lapang. Kalau mereka paham, minimal dua keuntungan yang diperoleh, yaitu pertama mereka bisa memantau dan mengevaluasi kinerja tenaga harian. Kedua, wawasan mereka semakin banyak, karena setiap musim, daun tembakau yang dihasilkan memiliki visual dan karakteristik yang berbeda. Contohnya, tembakau yang dipanen saat musim hujan, musim kemarau basah, tembakau yang terpapar abu Gunung Raung seperti kejadian beberapa tahun silam, masing-masing di-treatment dengan cara yang berbeda pula.

Untuk pelatihan di hari pertama ini, kami memberikan materi klasifikasi keutuhan daun kepada para trainee. Berdasarkan keutuhannya, jelas Suhardi, daun tembakau terbagi atas lima kelas, yaitu daun utuh (U), daun yang memiliki lubang/kerusakan di satu sisi (Y), daun yang memiliki lubang/kerusakan di dua sisi (YY), Ready For Use (RFU), dan daun rusak atau ukur kecil (Filler). (Okta P.I_Penelitian Tembakau Jember, CIN_Sekper).

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar

Silahkan tambahkan komentar